Seperti telah kita ketahui, Google Analytics merupakan produk Google yang sangat berguna bagi kita untuk mengembangkan situs atau website milik kita. Hal ini tentu saja dapat kita pahami, sebab google analytics memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan dari hasil analisis website kita. Informasi ini dapat kita pergunakan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam upaya mengembangkan website kita.
Bagi para webmaster atau pemilik situs, pasilitas ini merupakan pasilitas yang banyak dipergunakan. Hal ini sangat bermanfaat terutama ketika mengkaji atau meneliti pangsa pasar yang mencerminkan kecenderungan produk yang diminati dari secara real time. Dengan kata lain, hasil analisa dari google analytics dipergunakan para pemilik website untuk menyuguhkan artikel atau konten yang paling banyak dibutuhkan para pencari informasi di internet.
Untuk lebih membantu anda, berikut beberapa faktor yang dapat dilihat dan diukur menggunakan fasilitas google analytics:
1. Your audience
Fasilitas ini memberikan informasi kepada kita tentang karakteristik pengunjung yang mendatangi blog kita. Karakteristik pengunjung yang dapat dilihat melalui fungsi ini antara lain:
- Bahasa yang digunakan
- Lokasi dari pengunjung website kita
- Kebiasan dari pengunjung kita
- Penggunaan browser
- Penggunaan mobile device
2. Online campaign performaces
Fungsi ini memberikan informasi pada kita mengenai konten atau placement iklan kita yang paling banyak menyumbang traffic bagi website kita. Sehingga kita bisa menentukan langkah untuk membuat konten selanjutnya, misalnya saja dengan membuata konten yang hampir serupa dengan konten ini. Sebaliknya kita juga bisa melihat iklan apa yang dirasa tidak berhasil, dan kita tidak akan menggunakannya lagi karena tidak akan sesuai dengan hasilnya.
3. The traffic source
Fusngsi ini membantu kita secara otomatis untuk bisa ikut memantau traffic source yang ada pada website kita. Tentunya kita paham betul, hidup mati sebuah website sangat bergantung kepada jumlah pengunjung yang datang setiap waktu. Bisa dipastikan, jika pengunjung websitenya sepi, maka jumlah penjualan juga akan menurun. Untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui darimana saja traffic yang datang ke website kita. Secara umum sumber traffic dapat dibagi menjadi:
- Search, yaitu traffic yang berasal dari pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing ataupun Yahoo.
- Referrals, yaitu traffic yang datang dari iklan berbentuk banner. Ini biasanya ada pada Detik.com dan Kompas.com
- Campaign, yaitu traffic yang berasal dari campaign di Google AdWords
- Direct, yaitu traffic yang datang dengan menuliskan URL website kita secara langsung pada browser.
4. The most engaging content
Sebuah konten pada website sangat berpengaruh terhadap kelangsungan website tersebut. Kita perlu mengetahui informasi apa saja yang paling banyak dicari pengunjung, dengan mengetahui konten apa yang biasanya paling dicari dan paling sering diklik oleh pengunjung situs, maka pemilik bisnis dapat membuat sebuah plan atau perencanaan untuk marketingnya.
5. The social initiatives
Memanfaatkan sosial media untuk promosi merupakan suatu hal yang telah biasa dilakukan. Apalagi saat ini banyak sekali sosial media yang dapat kita gunakan. Berdasarkan hal ini, fasilitas Google Analytics dapat memantau jumlah traffic ke website kita yang dihasilkan oleh sosial media, seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.
6. Goals and conversions
Goal merupakan sebuah rencana pencapaian yang telah kita tetapkan. Goal yang kita miliki dapat diukur pencapaiannya menggunakan Google Analytics, untuk melakukan penetapan Goals kita dapat melakukannya pada bagian admin Google Analytics. Salah satu contohnya yaitu jumlah sosial shares (Facebook & Twitter), email subscription, pembelian produk, dan lain-lain.
7. SEO insight
Fungsi ini memberikan informasi pada kita sejauh mana Google Analytics mengukur campaign yang berbayar, seperti banner ads. Selain itu, kita juga dapat mengukur SEO yang kita miliki, seperti keyword apa saja yang paling banyak membawa traffic bagi website kita dan lain-lain. Keyword Google AdWords yang mempunyai performa tinggi, dapat kita masukkan sebagai folus keyword untuk SEO website kita.
Dengan melihat kelebihan-kelebihan yang ditawarkan google analytics, merupakan pilihan bagus bagi kita untuk memanfaatkannya dalam pengembangan usaha atau website kita.
(cakra)
Comments[ 0 ]
Posting Komentar