Bagi anda pemilik toko online, tentu saja trafik pengunjung menjadi perhatian serius bagi anda. Saya yakin berbagai cara telah anda lakukan, dari mulai SEO, beriklan di berbagai iklan baris, aktif difourm-forum, maupun berpromosi dengan cara-cara yang lain.
Selain pemilik toko online, ternyata pemilik toko-toko biasa pun telah banyak yang memiliki web atau situs sendiri. Menurut Frederick Valleys dari Google Adwords, hampir sepertiga atau sekitar 37% perusahaan terutama perusahaan kecil sudah memiliki website, hal ini dilakukan tentu saja untuk media promosi produk-produk yang disediakan.
Melihat perkembangan ini pihak google cukup responsif dalam menanggapi kebutuhan pemilik web atau situs, hal ini terbukti dengan disediakannya berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik situs sebagai media untuk memaksimalkan promosi mereka. Berikut ini beberapa tools atau media yang ditawarkan Google untuk membantu para pengusaha:
1. Adwords Express
Google Expres merupakan media iklan yang tertera di halaman Google. Pada halaman ini kita bisa melihat berbagai macam barang dan jasa yang di iklankan di Google Express akan membantu meningkatkan trafik kunjungan dari mesin pencari ketika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengatur bisnis anda secara digital. Anda bisa melihat detile fiturnya dihalaman berikut di
http://www.google.com/adwords/express/
2. Google + Business
Google+ merupakan salah satu media jejaring sosial besutan Google, pada media ini anda dapat memberikan tautan-tautan berupa foto, artikel atau video tentang usaha anda. Sebuah post dalam Google+ juga dapat dibuka oleh umum, sehingga siapapun bisa mencari post anda. Selain itu, Google+ juga memiliki fitur “circles”. Fitur ini berguna untuk menyebarkan infromasi pada orang – orang yang tepat. Bahkan fitur video chatpun dapat anda gunakan untuk customer yang memerlukan informasi secara mendalam.
3. Google Analytics
Menurut saya, fitur ini sangat penting untuk pemilik situs atau usaha online. Google Analytics merupakan alat yang tepat untuk membantu anda mengukur kinerja usaha anda, melalui analisa website. Anda tidak perlu lagi membutuhkan orang-orang yang pintar dalam menganalisa untuk mengatahui usaha anda.Google Analytics disediakan gratis dan dari sini, anda dapat mengetahui bagaimana engagement dengan customer anda. Siapa yang melihat website anda, apa saja yang dilihatnya dan masih banyak lagi. Ketika anda sudah mengetahui analisanya, anda dapat mulai membuat suatu strategi dan cara untuk mengembangakan usaha lebih lanjut.
4. Google Offers
Fasilitas ini dapat membantu mencocokkan bisnis anda dengan customer yang relevan di area Anda yang sedang mencari diskon. Dalam Google Offers, customer sendiri membayar terlebih dahulu untuk diskon barang yang mereka pilih, dan anda akan dibayar beberapa hari setelah penawaran berjalan. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi
https://www.google.com/offers?5. Google AdSense
Media ini sangat terkenal dikalangan blogger. Google Adsense merupakan salah satu layanan yang ditawarkan google untuk berbisnis secara gratis namun menghasilkan. Anda dapat memasukkan Google kedalam website anda dan mendapatkan uang dari iklan yang ada di Google tersebut. Atau anda juga bisa menjadi pengiklan di Google Adsense. Anda bisa membuka halaman berikut untuk melihat lebih lengkap
http://google.com/adsense6. Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan merupakan media untuk mengetahui perkiraan mengenai estimasi rata-rata biaya perklik, estimasi total biaya klik dan total estimasi biaya per kata kunci. Di dalam Keyword Planner sudah terdapat Google Keyword Tools dan Google Traffic Estimator. Selengkapnya silahkan kunjungi halaman berikut;
http://adwords.blogspot.com/2013/05/introducing-keyword-planner-combining.html7. +1 Button
Tombol +1 merupakan failitas yang ditawarkan google untuk membantu customer lebih mudah untuk membagi pengalamannnya tentang bisnis anda. Testimonial seperti ini tentu saja akan membantu usaha anda untuk mendapatkan customer yang lebih banyak. Tombol +1 ini ter-connect dengan Google + yang dapat membuat customer lebih mudah memberikan rekomendasi ketika berhubungan dengan orang lain.
8. Google Mobile
Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk membidik konsumen yang sedang bingung mengambil keputusan. Kita perlu menyediakan fasilitas ini pada website kita agar customer bisa mengakses website anda dari manapun dan kapanpun. Lihat halaman berikut;
http://www.google.com/mobile/search/9. Google Apps For Business
Fasilitas ini ditawarkan untuk anda yang sudah siap untuk bisnis, termasuk email, kalender dan dokumen. Google menawarkan sebuah fitur online bagi anda untuk membantu teknik berkomunikasi dengan customer dan potensial customer. Silahkan kunjungi halaman berikut;
http://www.google.com/enterprise/apps/business/10. Google Developer
Fasilitas ini ditawarkan Google untuk para develover website anda. Fitur ini sangat cocok untuk para webmaster yang mengelola sebuah website atau usaha online.
Sebenarnya masih banyak fasilitas-fasilitas yang dimiliki google untuk membantu mengembangkan usaha anda, namun tentu saja penggunaannya menjadi pilihan kita masing-masing.
(cakra)
Comments[ 0 ]
Posting Komentar