Jika melihat secara global, memang benar bahwa sebagian besar di seluruh dunia, Google adalah pemimpin untuk urusan mesin pencari atau search engines, kemudian diikuti beberapa nama terkenal lainnya seperti Yahoo dan Bing. Namun kita juga sering mendengar bahwa terdapat berbagai mesin pencari yang berada di puncak permainan pada pasar lokal mereka, seperti Rusia dengan Yandex dan China dengan Baidunya.
Bagi kita yang telah menggunakan Google untuk SEO atau promosi pencarian, sebenarnya keberadaan mesin pencari lokal tersebut adalah kesempatan untuk memperluas jangkauan promosi kita. Dalam kolom ini digunakan istilah "mesin pencari alternatif " karena mungkin sebagian besar dari kita masih bekerja dengan "G" untuk berbagai promosi. Artikel ini mungkin bisa menginspirasi Anda untuk menemukan lebih banyak mesin pencari lainnya.
Bagi anda yang ingin mencoba mengembangkan sayap promosi, baik blog maupun produk lainnya, ke berbagai search engine lokal yang ada, berikut adalah beberapa contoh dari situs mesin pencari yang cukup terkenal secara internasional, dan masih menjadi favorit di wilayah mereka masing-masing :
Baidu
Diawal kemunculannya, mesin pencari asal china ini menuai kritik dari banyak pengguna internet, sebab pemerintah china menolak dominasi Google dan memilih mensupport abis mesin pencari lokal 'Baidu'. Namun kemudian, Baidu justru mendapat acungan jempol dari berbagai kalangan, sebab mampu menarik hati penduduknya, kini labih dari 75% penduduk china menggunakan Baidu.
Naver
Naver sebenarnya sama sekali bukan "alternatif" mesin pencari. Sebab, Naver merupakan mesin pencari nomor satu di Korea Selatan di mana Google memiliki pangsa yang sangat kecil. Dulu didukung oleh sistem Overture Yahoo, namun setelah aliansi Yahoo-Microsoft, Never memutuskan untuk membangun dan meluncurkan sistem kata kunci sendiri, sehingga Naver kini telah menjadi mesin pencari terkemuka dengan sistem periklanan sendiri. Jika Anda menargetkan Korea, menggunakan Never merupakan solusi terbaik untuk langkah promosi.
Seznam
Di Republik Ceko, Seznam telah memimpin situs mesin pencari dalam waktu yang lama dan Seznam masih terus bersaing dengan Google di sana. Namun saat ini, Google dengan cepat merambat naik dan mengambil alih sebagai pemimpin yang kuat di tempat pertama.
Eniro
Eniro adalah contoh menarik dari mesin pencari di Swedia untuk beberapa alasan. Eniro merupakan penerbit orignial dari Swedia Yellow Pages, dan sebagai hasilnya, Eniro masih memiliki peminat tersendiri yang signifikan di negeri ini. Namun, baru-baru ini, Eniro bermitra dengan Google untuk beberapa aspek pencarian dan iklan.
Onet.pl
Onet merupakan sebuah portal Polandia yang cukup kuat, Onet.pl memiliki versi yang sedikit berbeda dari pendekatan pencarian mesin pencari lain, Onet.pl menempatkan iklan yang termasuk sebagai elemen penting pelanggan iklan mereka.
Orange
Orange merupakan portal yang sangat kuat sebagai fungsi mesin pencarian di wilayah Perancis. Fungsi pencarian Orange ini didukung oleh Voila.fr, yang mungkin nomor satu, situs mesin pencari asli Prancis.
Spiegel.de
Spiegel.de merupakan situs situs pencari yang lebih menonjol portal berita, sehingga telah menjadi situs yang terkemuka dan dihormati di Jerman. Spiegel.de memberikan kesempatan untuk melakukan pencarian maupun pengiklan berita.
Alibaba.com
Beberapa kalangan menggambarkan Alibaba.com sebagai situs perjodohan, situs kencan dan sebagian lagi menyebutnya sebagai distributor. Namun demikian Alibaba, memiliki fasilitas pencocokan kata kunci sendiri juga, sehingga dapat dikategorikan sebagai situs mesin pencari. Alibaba memiliki pengguna yang banyak di Cina dan India.
Marktplaats.nl
Marktplaats merupakan direktori gaya Yellow Pages terkemuka di Belanda, dan dalam kolom Marktplaats terdapat falisitas portal iklan gaya Yellow Pages yang telah bermigrasi ke web dan menawarkan alat iklan berbasis kata kunci.
Sebenarnya masih banyak situs seacrh engines yang tersebar di dunia, nama-nama diatas hanyalah beberapa contoh saja yang mungkin bisa menginspirasi anda. Untuk mememperluas jangkauan promosi anda, tidak ada salahnya, jika anda mencoba mendaftarkan blog atau website anda ke berbagai search engine tersebut. Hampir semua proses pendaftaran blog, tidak dikenakan biaya, namun tentunya memerlukan sedikit usaha untuk mendaftarkannya secara manual. Jika anda merasa repot untuk mendaftarkannya secara manual, anda bisa memanfaatkan layanan online yang bisa men-submit url blog anda secara otomatis ke berbagai search engine, salah satunya anda bisa menemukan layanan auto submit tersebut pada halaman berikut.
(cakra)
Comments[ 0 ]
Posting Komentar